Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Supermoto Indonesia

Supermoto Indonesia



Supermoto Indonesia pada dasarnya adalah balapan motor dimana menggunakan tiga model track sebagai sirkuitnya yaitu : track jalur datar , track motorcross dan trek balap jalan , dimana menggunakan sepeda motor yang dirancang untuk tujuan sesuai trek tersebut. Pada awalnya  Supermoto dianggap seperti permainan all-star , di mana pembalap terbaik dari tiga track terpisah bersaing dalam satu kompetisi atau even tertentu, padahal supermoto adalah jenis olah raga balap tersendiri dimana seorang pembalap mempunyai keahlian di tiga track balap tersebut.Supermoto Indonesia sendiri sudah mulai dilirik dan dijadikan olahraga pilihan terutama bagi penggila race atau balapan. seperti kemeriahan balap supermoto di video berikut ini :




Trek supermoto indonesia


Trek Balapan pada umumnya diadakan di jalanan atau trek go kart dengan diberi trek off-road di tengah area balap . Pada umumnya trek balap supermoto menggunakan prosentase aspal antara 50% sampai 75% dimana sisanya adalah untuk trek off road. Bagian trek off roadnya biasanya terdiri dari materi tanah liat yang dibuat dengan gaya bergelombang untuk hambatan melompat.Dan pada umumnya balapan supermoto bisa dilakukan dimana saja tentu dengan modifikasi trek yang di sesuaikan dengan spesifikasi trek supermoto. Bahkan bisa dilakukan di tengah perkotaan dengan melakukan mofikasi pada trek balapan.Ini yang diyakini bahwa supermoto akan menjadi trend tersendiri kedepannya di Indonesia

Sepeda Motor Supermoto Indonesia


gambar supermoto indonesia
supermoto indonesia

Pada dasarnya spesifikasi Sepeda motor yang digunakan adalah kombinasi custom atau diciptakan sepeda motor off-road dengan roda atau bannya balap jalanan , atau yang lebih dikenal dengan sebutan ' supermotard ' sepeda . Pembalap juga menggunakan kombinasi jalan raya dan off road.Dan pada supermoto berbeda dengan balapan pada umumnya dimana penekanan kecepatannya bisa lebih lambat antara 160km/jam atau 100 mph.

Semakin populernya supermoto di Indonesia belakangan ini semakin banyak modifikasi-modifikasi jenis motor agar bisa digunakan untuk balapan supermoto.Cara paling mudah membuat supermoto adalah dengan cara melakukan konversi motor dengan jenis enduro atau special engine yang digunakan untuk kendaraan yang siap untuk trek jalan raya ( trek ala supermoto) – Yang perlu diperhatikan  adalah kendala ijin jalan yang menjadi syarat sesudah  modifikasi  bisa menjadi lebih mahal.Cara lain membangun supermoto adalah dengan mengambil dasar mesin motor on-road, atau yang paling terakhir jika mempunyai dana yang cukup, anda bisa langsung membeli motor dengan konsep supermoto yang sudah bnayak beredar di pasaran :).

Modifikasi Supermoto Indonesia


Ada beberapa jenis modifikasi yang dilakukan untuk menjadikan menjadi sebuah supermoto
Berikut bebrapa langkah untuk  memodifikasi menjadi Supermoto :


gambar supermoto indonesia
supermoto indonesia

Supermoto Indonesia


1. Melakukan supermoto adalah off road dan juga on-road. Beberapa suspensi yang bisa jadi referensi adalah jenis teleskopik atau Up-Side Down pada suspensi depan serta mono-shock atau dual-shock untuk digunakan bagian belakang.

2. Modifikasi Pada roda : Modifikasi disini termasuk pada teromol, velg, jari-jari dan juga jenis ban. Ada Merk-merk untuk dijadikan  yang bahan referensi baik produk lokal atau mancanegara. Misal merk Excel, Baros, TRD untuk merk velg. Merk Dunlop, Continental, IRC untuk merk  ban.Ukuran yang disarankan adalah 17 inchi untuk depan dan bagian belakang. Sementara untuk Lebar velg dan ban tidak ada persyaratan khusus dan bisa disesuaikan dengan keindahan estetik  kendaraan supermoto itu sendiri. Dalam kesehariannya lebar velg yang dipakai biasanya 4.25inch untuk belakang  dan 3.00inch untuk velg roda depan. Bisa juga 3.50 inch untul velg belakang dan 2.5inch untuk velg depan.

Supermoto Indonesia


3.Perubahan pada Rem:Perubahan dan modifikasi rem wajib dilakukan karena  kondisi trek yang kadang sedikit ekstrim dan akselerasi yang cenderung cepat tentu memaksa penggunakaan rem akan lebih sering.Cara termudah melakukan modifikasi adalah dengan mengganti kit rem supermoto yang terdiri dari kaliper, pad, selang dan master rem. Ada bebrapa merk ternama semisal Brembo menyediakan untuk pekerjaan  ini. Dan sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan tipe rem tromol.

4. Modifikasi Pada rantai dan sprocket: Sangat disaran kan untuk melakukan penggantian paket sproket dan rantai baru untuk modifikasi. Ukuran gigi sproket harus dihitung ulang tergantung kebutuhan yaitu untuk supermoto. Beberapa  perbandingan gigi sproket depan  dengan belakang yang biasa digunakan adalah ukuran 14:54, 13:48. 14:44 danseterusnya. Perhitungan bisa disesuaikan dengan melihat karakter mengendarai Anda. Ada beberapa merk untuk referensi seperti RK dan Renthal.


5.Perubahan Body:Perubahan terakhir adalah sebagai pemanis agar kendaraan supermoto terlihat lebih artistik estetis dan enak dilihat :). Beberapa item yang bisa ditambahkan dan dipasang antara lain hand-guards, fender, head lamp, dan semacamnya.

Supermoto indonesia




Perlu diperhatikan adalah bahwa jenis kendaran supermoto ini kurang cocok apabila digunakan untuk perjalan jauh karena tidak didukung ergonomi yang sesuai untuk kebutuhan yang lebih santai misal motor lebih tinggi jenis stang yang lebar sadel yang semppit dan lain-lain.Namun kadang juga model seperti ini yang menambah kecintaan mania supermoto indonesia.

Dan pada akhirnya semua tentu kembali pada pengguna dan manfaatnya, tapi satu yang pasti jenis motor ini bisa melalui berbagai jenis medan jalan yang kita lalui.