Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Motor Supermoto Indonesia

Motor Supermoto Indonesia


Artikel kali ini adalah tentang Modifikasi Kawasaki KLX 150 agar bergaya layaknya Supermoto. Untuk memenuhui keinginan menjadkan bobot ringan pada Kawasaki KLX 150, sasis bisa mencomot rangka bermaterial aluminium keluaran V-Rossi. Karena akan di gunakan untuk KLX 150 maka posisi engine mounting harus sama dengan mesin bawaan pabrik KLX.Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan kabel bodi menjadi lebih ringkas, disini termasuk dudukan bodi dengan pelat aluminium sebagai braketnya.

Untuk kenyamanan bermanuver dipakai setang expedition yang dipasang handguard dengan variasi untuk melindungi handel rem serta kopling model adjustable. Sementara karena motor ini ingin digunakan di jalan raya maka pada bagian depan dipasang headlamp buatan UFO, terkhir pakai spion untuk lebh safety

gambar motor supermoto indonesia
Motor Supermoto Indoneisa


Motor Supermoto Indonesia

Untuk menambah kesan garang pada modifikasi supermoto ini, maka bodi original KLX diganti dengan  milik Special Engine KTM 85 cc, hingga dari bodi depan sayap samping hingga belakang di sesuaikan dn di selaraskan.

Sementara untuk memasang bodi special engine harus dibuat braket baru.Dan sebagai penahan cipratan lumpur, untuk bagian depan diambil replika KTM supermoto, untuk bagian belakang di ambil merk Xcrossbone.Hasilnya Supermoto terlihat gagah dan keren.

Agar tambah maksimal body di sematkan decal baru yang sederhana. Demikian juga ajrutan dan velg yang di selaraskan dengan warna dan bentuk bodi.

Mengusung rancangan tinngi dari tanah ajrutan buatan Expedition dengan posisi tinggi. Pemasangannya pun mudah hanya disesuaikan dengan leher komstir ddengan sasis baru.Dengan velg baru buatan TK ukuran 3.00 x 17" yang di balut ban swallow 110/80-17 maka tampian supermoto menjadi mantab.Me.

gambar Motor Supermoto Indonesia
Motor Supermoto Indonesia

Motor Supermoto Indonesia

Untuk meredam tekanan ayun di buritan maka suspensi belakang diganti label X breat untuk KLX 150.Sementara lengan ayun diambil dari produk aftermarket merk V-Rossi, materialnya sama dengan sasis yang terbuat dari aluminium.

Anda yang hobi berpetualang  alias trail adventure dan menggunakan Kawasaki KLX 150, ada tips menarik, yaitu untuk area jeroan mesin, yaitu bagian kopling. Alat ini punya peranan  yang penting untuk menunjang performa motor saat melibas trek yang cukup ekstrim. Makanya, harus dibuat kopling Kawasaki KLX 150 anti slip.

Biasanya kendala yang dikeluhkan, adalah sering terjadi bermasalah pada bagian kopling, mudah aus serta cepat gosong. "Hal ini dikarenakan pada bagian bak dalam koplingnya, tidak terlumasi dengan baik. Juga dikarenakan tidak sempurna dan meratanya dalam pelumasannya..
Gambar Motor supermoto Indonesia
Motor Supermoto Indonesia

Motor Supermoto Indonesia

Supaya terhindar dari selip dan gosong,maka pada bagian dalam bak kopling tersebut harus diberi lubang lagi. Dimana tujuannya adalah supaya bisa semburkan oli pelumas pada rangkaian kopling, agar tidak mudah kering dan aus. Maka copot dulu bak kopling dari blok mesin, kemudian preteli bagian covernya.Perhatikan jeroan kopling, jika hitam dan kering, maka dipastikan kurang mendapat oli.

Kemudian  cari posisi lubang tempat dudukan kruk as yang terletak di dalam sebelah kiri, ambil mata bor dengan ukuran paling kecil, arahkan pada bagian kanan. "Hal ini dimaksudkan agar oli bisa menyembur secara langsung ke bagian pelat koplingnya, sehingga bisa basah, dan bikin kinerja kopling menjadi awet serta tidak kering.

Setelah selesai semua sekarang tinggal action di arena balapan supermoto hehehe, sebagai pemanasan bisa lihat video Youtube berikut ini :




Untuk informasi yang unik dan menarik mengenai Modifikasi Honda CB100 bisa baca DISINI