Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modifikasi Supermoto Indonesia


Modifikasi Supermoto Indonesia


Pada dasarnya  motor jenis supermoto sudah banyak beredar di pasar otomotif indonesia. Ada berbagai merk yang banyak dikenal seperti KLX dari kawasaki, KTM, produksi Aprilia, suzuki, bahkan pabrikan besar seperti honda dan yamaha juga menyediakan type motor jenis supermoto ini.Namun tidak sedikit juga yang melakukan modifikasi baik dari motor yang dari awal tidak di desain untuk supermoto atau memang mengawinkan beberapa bagian supermoto dengan supermoto merk lain.Ada beberapa alasan yang melandasi keinginan melakukan Modifikasi supermoto ini, tapi kebanyakan di dasari keinginan meningkatkan performa supermoto, dan  memberi sentuhan baru pada model yang sesuai selera , karena dari segi biaya sebetulnya bisa jadi biaya modifikasi supermoto akan memakan biaya yang besar.

Ada banyak inspirasi untuk melakukan modifikasi supermoto, bisa dengan bergaul komunitas supermoto atau melakukan perayapan ( googling ) di dunia maya. Tetapi cobalah melakukan didasari ide sendiri , karena dengan ide sendiri biasaya akan menjadikan modifikasi supermoto menjadi beda dengan yang lain alias special.

Modifikasi Supermoto Indonesia


Seperti kisah seorang biker yang melakukan modifikasi miliknya dengan ide sendiri dan sedikit dapat influen dari internet.

Biker Herry setiawan yang asal Pontianak, Kalimantan Barat, dengan bantuan Lerry Rahmat Rizky, yang merupakan punggawa Caos Custom Bike yang berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Berbekal motor Yamaha Jupiter MX 2006 miliknya Herry melkukan modifikasi supermoto menjadi motor supermoto  yang diimpikan.
Kapsitas mesin jupiter mx 135 cc milik herry sudah cukup untuk di lakukan modifikasi menjadi supermoto tunggangannya.

gambar modifikasi supermoto indonesia
modifikasi supermoto indonesia
(sumber kompas )


Dalam melakukan modifikasi supermoto ini harus dilakukan kesepakatan antara herry sebagai yang memiliki ide dan Lerry sebagai eksekutor . Dalam prosesnya akhirnya sepakat untuk mengawinkan mesin bebeek Jupiter mx 135 cc itu dengan sasis dan juga bodi dari honda CRF 250R yang didatangkan khusus dari Amerika. Wow betapa niat untuk modifikasi supermoto herry begitu luar biasa, karena biaya mendatangkannya saja sudah memekan biaya yang tidak sedikit. Tetapi tentu ending dari semua adalah kepuasan tersendiri memiliki supermoto yang menjadi keinginanya.

Adapun  komponen lain yang dibutuhkan  juga diimpor langsung, itulah yang menyebabkan proses pengerjaannya memakan waktu yang cukup lama sampai sekitar empat bulan lebih.


Modifikasi supermoto Indonesia

Langkah pertama modifikasi supermoto yang dilakukan Lerry adalah dengan mulai memotong sasis kemudian membuat bracket mounting untuk mesin Jupiter MX nya. Itu dikarenakan sasis harus menyesuaikan dengan bentuk mesin. Dengan memotong sasis CRF250R maka sasis bisa menjadi presisi dan pas dengan bentuk mesin, walaupun pada dasarnya ada perbedaan diman strukrur mesin Jupiter MX yang posisi tidur berbeda dengan milik CRF250R.

gambar modifikasi supermoto indonesia
modifikasi supermoto indonesia
( sumber kompas )

Modifikasi Supermoto Indonesia

Setelah setelan presisi dan padu langkah selanjutnya adalah menyematkan lengan ayun kepunyaan Aprilia RXV yang harganya 11jt wow!>Selanjutnya suspensi depan digunakan tipe upsite down kepunyaan CRF250R Untuk membuat lebih enak dilihat dan sepadan Velg menggunakan TK 425 dan TK 350 untuk ring 17 inci, dan dipakaikan Ban Merk Dunlop 120/70 untuk roda depan dan 160/60 roda belakang. Dan jadinya KEREN :)

Pada bagian akhir Modifikasi supermoto adalah memasang aksesori sperti stang, stiker, knalpot, Seperti yang di liputan otomotif kompas, konon biaya melakukan modifikasi ini dalah 90 juta , Gile.. :), biaya termahal ada pada kaki-kaki serta spare part bermerk. biaya tersebut bisa untuk membeli KLX 3 unit hehehe. Tetapi sekali lagi lebih kepda kepuasan dan tentu performa yang di idamkan Herry.

Modifikasi supermoto indonesia

Berikut simak video kemeriahan balap supermoto yang sekarang mulai trend tersendiri bagi pecinta balapan