Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modifikasi honda CB100 Japstyle

Modifikasi honda CB100 Japstyle

Ada banyak tipe cb yang pernah diproduksi honda tetapi tidak semua type tersedia ditiap negara. Untuk di Indonesia type cb yang diminati adalah cb 100cc, cb 125cc, cb 175cc, dan cb 200cc, dari tiga jenis varian terebut untuk yang terakhir tersedia juga dalam silinder ganda namun untuk di Indonesia honda  cb100 dan honda  cb 125 mesin tunggal memang lebih populer dikarenakan harga yang lebih murah dan perawatannya lebih mudah. Hal ini yang menyebabkan sangat fleksibel untuk di modifikasi. Sedangkan honda cb100 K1 masuk indonesia pada tahun 1971 sedangkan untuk cb 100 K2 masuk indonesia pada tahun 1972.

Modifikasi honda CB100 Japstyle
Modifikasi honda CB100 Japstyle


Modifikasi honda CB100 Japstyle
Modifikasi honda CB100 Japstyle

Modifikasi honda CB100 Japstyle
Modifikasi honda CB100 Japstyle

Modifikasi honda CB100 Japstyle
Modifikasi honda CB100 Japstyle

Modifikasi honda CB100 Japstyle
Modifikasi honda CB100 Japstyle


Dalam selang tahun 1971-1981 menurut data jumlah total penjualan honda cb di tanah air mencapai 600 unit, sebuah jumalh yang banyak untuk waktu itu. Untuk honda cb 100 dan cb 125 kini banyak diminati karena perawatan yang mudah, serta harga yang sangat murah selain itu tergolong mudah untuk modifikasi honda cb100 karena bisa dicangkokan dengan komponen mesin generasi honda semisalnya GL 100, GL Pro, dan Tiger juga bisa dipakai komponen motor lain seperti SHOCK dan Rx King tentunya dari mesin varian ini mudah di bore up dengan seher tiger atau bisa dengan generasi GL, sedangkan untuk bagian yang lain seperti shock breaker serta sasis juga mudah untuk di cangkok dari komponen motor lainnya. Sementar honda CB bisa cocok untuk modifikasi jenis flat-tracker, street-tracker, dannsebagainya


Modifikasi honda CB100 Japstyle
Modifikasi honda CB100 Japstyle

Modifikasi honda CB100 Japstyle
Modifikasi honda CB100 Japstyle

Dari keunikan untuk modifikasi motor honda cb 100, sehingga nama besarnya inilah serat harga motor yang sempat anjlok di 300 ribuan kembali melambung niak setiap tahunnya. Ada beberapa ciri dan perbedaan honda cb yang dibahas pada kali ini adalah honda cb 100, meskipun namanya sama ada beberapa varian pada sepeda motor untuk tipe ini. Karena motor cb100 merupakan salah satu motor klasik saat ini yang sedang diburu oleh para pecinta motor tua.

Modifikasi honda CB100 Japstyle

Modifikasi honda CB100 Japstyle
Modifikasi honda CB100 Japstyle

Modifikasi honda CB100 Japstyle
Modifikasi honda CB100 Japstyle

Modifikasi honda CB100 Japstyle

Modifikasi honda CB100 Japstyle
Modifikasi honda CB100 Japstyle

Akan tetapi sampai saat ini masih banyak tongkrongan dijalan dan bahkan sering kali saya temui motor cb dengan berbagai varian modifikasi motor cb 100 sehingga dapat terlihat lebih frest dan tidak terlihat tua lagi. Sehingga banyak yang mengotak atik motor cb klasik ini dan pastinya sangat. Dan tidak kalah ketinggal dengan mengganti pengapian dengan CDI dari jupiter z jika honda cb anda masih menggunakan accu, ada baiknya anda menggantinya terlebih dahulu agar dapat menghasilkan pengapian yang lebih besar lagi. Dan lalu dalam merubah platina ke CDI ada baiknya anda melakukan dengan dua cara, untuk cara yang pertama adalah dengan menempelkan pulser pada kruk AS dengan cara memotong plat besi ukuran 1×1,5 dan mempunyai ketebalan 2 mm, sedangkan untuk cara yang kedua dengan menempelkan pulser pada dudukan platina kemudian lakukan pengelasan kruk AS pada bagian bawah dan juga las pada dudukan pulsernya, untuk ukuran jarak platina dan pulsernya 1,5 mm


Selain itu untuk tahap proses modifikasi cb 100 dengan pemasangan CDI dan menurut kabel yang dipunyai pada tiap-tiap CDI ada tambahan dengan cara mengambil spul dan magnet milik supra atau bisa dengan motor grand, dan tempelkan pada dudukan magnet yang telah lama, setelah itu buat coakan pada blok sebelah kiri, dengan langkah seperti ini motor CB100 anda bisa anda ganti dengan menggunakan CDi.